BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Seperti yang kita ketahui akhir-akhir
ini banyak dalam penulisan hasil laporan tidak menggunakan sistematika yang
benar,terdapat kesalahan-kesalahan yang mungkin karena kekurang pahaman si
penulis atau mungkin atau mungkin kesalahan yang tidak disengaja.Dan bukan
tidak mungkin salah penulisan sistematikanya.Jadi,bisa saja kesalahan terdapat
pada sistematika penulisan laporan.
Dalam makalah ini akan mencoba
memberikan uraian perihal sistematika penulisan laporan secara umum,yang
mungkin dapat Anda gunakan sebagai acuan umum dalam pembuatan laporan yang akan
Anda lakukan.
B. Rumusan masalah
1.
Bagai mana
sistematika laporan yang benar
2.
Apa saja yang
menjadi bagian sistematika laporan
3.
Bagai mana cara
tahapan sistematika laporan
C.
Tujuan
rumusan masalah
1.
Untuk mengetahui
sistematika yang benar
2. Untuk
mengetahui bagian sistematika laporan
3. Untuk
mengetahui tahapan sistematika laporan
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pembuka Laporan
Pada bagian pembuka dalam sistematika penulisan laporan ini,sebuah
laporan ini sekurang-kurangnya harus memuat,yaitu:
1.
Halaman judul,halaman ini mencantumkan
judul atau nama kegiatan yang sedang anda kerjakan,logo atau simbol seperlunya
apabila anda rasa perlu dan biasanya,tanggal penulisan laporan.
Halaman judul ini akan diletakkan dibagian awal atau halam pertama
dari laporan yang kita buat.Halaman judul ini kebanyakan hanya terdiri dari
satu halaman saja.
Halaman judul biasanya dibuat menjadi dua halaman,halaman judul
yang pertama akan diletakkan pada sampul depan dari laporan sedangkan halaman
judul yang kedua akan ditempelkan dihalaman selanjutnya.Dua halaman ini dibuat
sama persis hanya saja dibuat rangkap dua.
2.
Lembar pengesahan,pada
lembaran ini dicantumkan pengesahan-pengesahan oleh beberapa orang atau
institusi yang dianggap penting dan perlu untuk dimasukkan.
Lembar
pengesahan ini berisikan tanda tangan dari orang-orang yang diperlukan dalam
pembuatan laporan ini.Jika pembuat laporan ini adalah seorang mahasiswa maka
lembar pengesahan ini akan diisi oleh para dosen pembimbing dalam melakukan
kegiatan tersebut,dekan atau ketua jurusan.
Lembaran
pengesahan ini juga hanya berisi satu lembar saja yang letaknya pada halaman
setelah halaman judul.
3.
Kata pengantar,pada laman ini
anda dapat menuliskan kata pengantar Anda selaku penulis dari laporan ini.Kata
pengantar adalah sepatah-dua kata yang ditulis oleh penulis laporan ini.
Kata pengantar
dapat berupa ucapan syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan kemudahan
dalam menyelesaikan laporan tersebut.selanjutnya disampaikan ucapan – ucapan
terima kasih kepada semua orang atau pihak yang telah membantu terselesaikan
laporan Anda tersebut.
Dalam
sistematika penulisan laporan juga mengatur isi dari kata pengantar yang
memberikan gambaran sekilas tentang laporan yang telah dibuat.Setelahnya adalah
harapan dan doa agar laporan tersebut dapat memberikan manfaat bagi orang lain.
Selanjutnya,kata
pengantar berisi ucapan maaf apabila terdapat kesalahan didalamnya.Kta
pengantar diakhiri dengan permohonan kritik dan saran agar dalam pembuatan
laporan selanjutnya,penulis dapat membuat yang lebih baik dan tidak mengulangi
kesalahan yang dibuat pada penulisa laporan saat ini.
4.
Daftar isi,daftar ini
memuat segala konten yang terdapat dalam laporan anda,yang memudahkan pembaca
Anda untuk memahami isi dari laporan Anda nantinya.Daftar isi in juga
menunjukkan halaman dari setiap konten yang ada dalam laporan tersebut.
Daftar isi
berada dibagian selanjutnya dari kata pengantar.Dalam sistematika penulisa
laporan ini,pembuatan daftar isi mutlak dibutuhkan untuk mempermudah pembaca
mencari halaman dari bagian laporan yang diinginkan untuk dibaca.
5.
Daftar lampiran,berisi
daftar-daftar lampiran yang dirasa perlu untuk menunjang kebenaran laporan
Anda.Saat ini memang dibutuhkan pencantuman lampiran untuk membuat laporan
dapat lebih dipertanggung jawabkan.
B.
Bagian Isi Laporan
Bagian isi
laporan yang sesuai dengan sistematika penulisan laporan berisi tentang:
6.
Latar belakang masalah,pada
bagian ini berisi latar belakang atau alasan Anda sehingga mencoba untuk
melakukan kegiatan tersebut.Gunakan kalimat yang seefisien dan sejelas mungkin
agar pembaca mengerti.Sampaikan dengan jelas hal-hal yang mendasari Anda dalam
pembuatan laporan kegiatan yang telah Anda buat.
7.
Rumusan masalah,merupakan
perumusan atas permasalahan yang tengah Anda tawarkan sebagai dasar dari
kegiatan.Pada bagian ini Anda dapat mencantumkan pokok-pokok mendasar dari
hasil kegiatan yang telah Anda jalani.
8.
Tujuan kegiatan,merupakan
tujuan yang diharapkan dari kegiatan tersebut. Jabarkan seluruh tujuan yang
memang telah Anda harapkan akan terwujud dengan adanya kegiatan tersebut.
9.
Manfaat kegiatan,merupakan
manfaat-manfaat apa saja yang mungkin dihasilkan dengan adanya kegiatan
ini.Carilah sebanyak mungkin manfaat yang dapat dimunculkan dari laporan
kegiatan Anda.Semakin banyak mnfaat dari laporan kegiatan Anda,tentu Anda akan
semakin bertambah puas karena laporan kegiatan Anda dapat berguna bagi orang
lain.
C.
Kajian Teori Laporan
Pada bagian ini
dijelaskan tentang dasar teori dari laporan yang kita buat.Penelitian yang
dilakukan memang seharusnya mengacu pada teori tertentu.
Bagian kajian
teori dalam laporan kegiatan yang sesuai dengan sistematika penulisan laporan
berisi setidaknya beberapa hal berikut,yakni:
1.
Pembahasan teori,merupakan
pembahasan teori yang dipergunakan selama melakukankegiatan.Gunakan pembahasan
menarik dan efektif agar pembaca tertarik untuk terus melanjutkan membaca
laporan kegiatan tersebut.
Pembahasan
teori adalah mengenai teori yang menjadi dasar bagi kita untuk melakukan
kegiatan ini.Dapat digunakan bermacam teori atau lebih dari satu teori yang terpenting
adalah bahwa teori tersebut sesuai dengan kegiatan yang kita adakan.
2.
Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan,merupakan kerangka-kerangka pemikiran yang dipergunakan dalam
kegiatan secara runtut dan jelas.
3.
Pengajuan
hipotesis,merupakan pengajuan hipotesis perihal permasalahan yang telah
ditentukan.Pergunakan sumber-sumber sevalid mungkin supaya hipotesis dapat
dipertanggung jawabkan apabila ada pertanyaan dari pembaca laporan kegiatan
Anda nantinya.
D.
Metode Kegiatan
Metode kegiatan
memuat banyak hal penting yang dipergunakan dalam kegiatan baik berupa waktu
dan tempat kegiatan,metode dan rancangan kegiatan,populasi dan sampel yang
dipergunakan dalam pencarian data kegiatan,instrumen kegiatan serta pengumpulan
data dan analisis data.
Segala hal
mengenai kegiatan yang telah dilakukan dan dipaparkan disini.Namun yang
dipaparkan adalah bagimana pelaksanaan dari kegiatan yang telah
dilaksanakan.Untuk isi dari kegiatan akan dipaparkan dibagian selanjutnya yaitu
pada bagian hasil kegiatan.
E.
Hasil Kegiatan
Pada bagian
hasil kegiatan,dapt memuat beberapa konten berikut yang pada umumnya terdapat
pada laporan hasil kegiatan,yakni penjabaran hasil kegiatan, pengajuan
hipotesis yang telah dijabarkan pada bagian sebelumnya,serta diskusi kegiatan
(yang nantinya akan berupa pengungkapan pandngan toritis tentang hasil-hasil
yang didapat).
Hasil kegiatan
ini dapat disajikan dalam berbagai bentuk.Penulis dapat memilih bentuk
penyajian hasil kegiatan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Bentuk penyajian
hasil kegiatan dapat berupa table, diagaram, penjabaran melalui kata-kata,
grafik, ataupun bentuk lain yang masih memungkinkan.
F.
Kesimpulan dan Saran
Pada bagian
kesimpulan dan saran memuat kesimpulan yang didapatkan dari kegiatan tersebut.Paparkan
hasil kegiatan selugas mungkin dan pastikan segala sesuatunya telah
dijabarkan.Pemaparan ini dilakukan secara singkat tentang hasil kegiatan yang
telah dilakukan.
Bagian ini juga
memuat saran-saran dari pembaca apabila mendapati beberapa bagian yang masih
kurang tepat untuk kesempurnaan laporan kegatan Anda .
G.
Bagian Penunjang Kegiatan
Pada bagian
terakhir ini dicantumkan daftar pustaka berupa sumber-sumber yang digunakan
sepanjang kegiatan berlangsung,baik dari buku bacaan maupun dari sumber digial.Penulisan
daftar pustaka haruslah sesuai dengan kaidah penulisa yang benar.Lembar daftar
pustaka ini terkadang terletak dihalaman akhir dari sebuah laporan
kegiatan.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Sistematika dalam pembuatan laporan ada
7 tahap:
1.
Pembuka
laporan
2.
Bagian
isi laporan
3.
Kajian
teori laporan
4.
Metode
kegiatan
5.
Hasil
kegiatan
6.
Kesimpulan
dan saran
7.
Bagian
penunjang laporan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar